Rabu, 11 Desember 2013

Perbedaan Mug dengan Gelas


Mug tidak sama dengan gelas. Meskipun begitu, banyak orang yang tidak bisa membedakan secara pasti mana yang disebut mug dan mana yang disebut gelas. Mengapa? Ya, karena keduanya sama-sama wadah untuk minum. Mari kita simak perbedaan mendasar keduanya.

1. Bahan Baku
Mug berbahan dasar tanah liat, sedangkan gelas berbahan dasar kaca. Benarkah demikian? Tidak juga. Setelah ditemukannya material melamin, gelas maupun mug banyak juga yang dibuat dari bahan melamin. Tidak hanya itu, saat ini mug juga banyak yang dibuat dengan bahan dasar stainless stell yang anti karat dan tahan banting.

2. Bentuk
Bentuk mug sangatlah khas. Mug umumnya berbentuk silinder alias tabung dan dilengkapi gagang atau pegangan. Berbeda dengan mug, bentuk gelas sangat bervariasi, bentuknya mulai dari silinder biasa, berlekuk, kotak, dan macam-macam.

3. Proses Pembuatan
Bahan dasar mug yang dari tanah liat menentukan proses pembuatannya. Proses pembuatan mug dimulai dari proses pencetakan tanah liat baik secara manual maupun menggunakan mesin lalu dijemur. Setelah dijemur mug kemudian dibakar dalam suhu diatas 300 derajat celcius hingga berbinyi "ting". Setelah itu baru dilakukan proses finishing yakni dengan pengecatan dan penghalusan. Gelas proses pembuatannya agak jauh berbeda. Pertama bahan yang terbuat dari kaca ini dilelehkan hingga "empuk". Lelehan tersebut kemudian dibentuk lalu didinginkan beberapa saat. Setelah itu baru menjalani proses finishing seperti penghalusan dan penyablonan.

Itulah perbedaan yang mencolok antara Mug dan Gelas. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa kunjungi web resmi kami di www.ifsouvenir.com untuk memilih souvenir gelas kaca, gelas cantik, souvenir gelas, souvenir mug, mug cantik, kesukaanmu.

0 komentar:

Posting Komentar