Rabu, 16 Januari 2013

Sejarah Souvenir

Sejarah Souvenir

         Saat ini, rasanya hambar jika suatu pernikahan dilaksanakan tanpa memberikan souvenir untuk para tamu. Munkgin Anda pernah bertanya-tanya, bagaimana awal mula tradisi memberi souvenir untuk pernikahan?
Dari beberapa sumber yang saya ketahuo, dapatlah kita ketahui bahwa tradisi ini telah ada sejak zaman Eropa kuno. Bagi mereka, pernikahan adalah suatu keberuntungan. Oleh karena itu, mereka ingin berbagi keberuntungan dengan para tamu dengan cara memberikan Bonbonniere. Apa itu Bonbonniere?


          Menurut wikipedia:
A bonbonniere is a small trinket box made of crystal, porcelain, and/or precious stones. The contents of these precious boxes were generally sugar cubes or delicate confections, which symbolize wealth and royalty.
         Artinya:
Bonbonniere adalah sebuah kotak perhiasan kecil yang terbuat dari kristal, porselen, dan / atau batu mulia. Isi kotak-kotak berharga umumnya gula batu atau permen halus, yang melambangkan kekayaan dan keroyalan.
         Pada masa itu, gula adalah komoditas yang mahal dan hanya dapat dimiliki oleh kalangan orang kaya saja. Gula dipercaya mengandung manfaat medis. Seiring dengan menurunnya harga gula selama berabad-abad, tradisi memberikan hadiah kepada tamu pun meluas ke masyarakat umum.
Sejak gula menjadi lebih terjangkau, bonbonnieres digantikan dengan almond. Selama berabad-abad, almond biasa dibagikan ke pada para tamu pernikahan untuk menandakan keinginan baik pada kehidupan baru pengantin.
         Pada abad ketiga belas, diperkenalkanlah confetti yaitu almond dilapisi dengan gula. Tak lama kemudian, confetti bertransformasi menjadi almond manis yang kemudian berkembang menjadi souvenir untuk pernikahan modern. Secara tradisional, lima Jordan almond disajikan dalam kotak konpeksi atau dibungkus kain elegan untuk mewakili kesuburan, umur panjang, kekayaan, kesehatan dan kebahagiaan. Kepahitan dari almond dan manisnya lapisan gula melambangkan pahit manisnya sebuah pernikahan.
Kini, hadiah untuk tamu yang umum dikenal sebagai souvenir pernikahan dan telah membudaya di seluruh dunia. Souvenir pernikahan telah menjadi bagian dari perencanaan resepsi pernikahan, terutama di Amerika Serikat dan Kanada. Souvenir pernikahan yang beragam dan biasanya melengkapi tema acara.
Souvenir klasik dapat berkisar dari almond yang digulai secara klasik atau coklat tunggal hingga lilin dan sabun beraroma. Tren souvenir modern antara lain: CD dengan musik favorit dari pengantin, gelas tembak yang diisi dengan permen berwarna atau bingkai foto perak dengan foto pasangan. Hadiah juga dapat dipersonalisasi dengan nama pasangan itu, inisial, atau tanggal pernikahan.
ifsouvenirevent.blogspot.com
Souvenir Pernikahan & Event

0 komentar:

Posting Komentar